Wednesday 15 July 2015

Cara membuat kue putu bambu enak khas dari medan

Cara membuat kue putu bambu enak khas dari medan

Kue Putu

Kue Yang satu ini sapa yang tidak kenal. Ya Putu bambu sangat populer di mata masyarakat. Banyak anak anak yang menyukai kue ini. Sehingga jangan heran kalau si penjual kue putu bambu selalu habis dagangannya setiap harinya. Kue putu memang tak luput dengan cetakannya yang terbuat dari bambu.  Oleh sebab itulah kue putu sering disebut juga "kue putu bambu".

 Kue putu ini sering kita temukan berwarna putih dan juga hijau. Kalau di kampung saya di medan kue ini biasanya berwarna putih  yang asli tanpa di kasihi pewarna. Kalau di jawa biasanya kue ini berwarna hijau karena di kasihi bekas pewarna alami dari daun puji atau daun santan. Bagi anda yang tertarik untuk membuat kue ini silahkan saja ikuti langkah di bawah ya!!

RESEP KUE PUTU


 Bahan :
  • 380 gram tepung beras kering
  • 125 gram gula merah, sisir halus
  • 300 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh pewarna hijau
  • parutan kelapa, kukus dengan sedikit garam


CARA MEMBUAT KUE PUTU :


  • Didihkan air dalam panci, masukkan garam dan daun pandan lalu aduk sebentar. Angkat dan diamkan dahulu agar tidak terlalu panas. Tuang secara perlahan dalam sebuah wadah yang berisi tepung beras sambil diaduk dengan tangan sampai tercampur rata. Saring adonan dengan saringan kasar, tekan-tekan hingga berbentuk butiran halus.
  • Masukkan adonan sebanyak3/4 atau lebih sedikit dari setengah bakian cetakan bambu lalu lubangi bagian tengahnya dapat menggunakan jari telunjuk atau kelingking yang bersih. Beri irisan gula merah, masukkan kembali adonan hingga penuh dan ratakan tetapi tidak perlu ditekan.
  • Balikan cetakan, letakkan di atas loyang yang sudah dialasi daun pisang. Kukus dengan api besar selama 10 menit. Angkat dan keluarkan dari cetakan lalu sajikan piring dan taburkan kelapa parut + gula putih.

Bagaimana cara membuat kue putu bambu ini gampangkan. Sebenarnya yang sulit adalah membuat cetakannya. Untuk cara membuat cetakan cukup mudah!!

Sediakan bambu sesuai selera. Usahakan bambu cina agar tidak mudah pecah. Lalu potong seperti biasa memotong bambu tapi menggunakan gergaji besi. Sesuaikan panjangnya untuk kue. Lalu di bersihkan bambu yang sudah di potong" tadi sampai benar benar bersih yanpa noda.

Selesai deh.

1 comment:

Syarat Berkomentar di PILINGKU.BLOGSPOT.COM

1. Ganti dahulu ke versi web bagi anda pengunjung melalui situs mobile atau android yang ingin berkomentar.
2. Berkomentarlah sesuai tema postingan di atas
3. Berkomentarlah dengan bahasa baku agar kami bisa mengerti .
4. Jangan gunakan bahasa yang kotor karena di anggap spam kami tidak akan mempublikasikannya.

Anda sopan kami sopan